5 Aplikasi Streaming Online Selain Youtube

Aplikasi streaming video adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menonton konten video secara langsung melalui internet, tanpa harus mengunduh atau menyimpan file terlebih dahulu.

Source : Pikiran Rakyat

Dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi streaming video telah menjadi semakin populer, dengan banyak orang yang memilih untuk meninggalkan TV kabel dan berlangganan layanan streaming video.

Fungsi dan Manfaat Aplikasi Streaming Video

  1. Menyediakan akses ke berbagai acara dan film – Aplikasi streaming video menawarkan akses ke berbagai acara TV, film, serial original, dokumenter, dan konten lainnya, sesuai dengan pilihan dan kebutuhan para penggunanya.
  2. Fleksibilitas waktu – Aplikasi streaming video memungkinkan pengguna untuk menonton konten kapan saja dan di mana saja, asalkan mereka memiliki koneksi internet yang cukup stabil.
  3. Hemat biaya dan non-langganan – Dengan memilih layanan streaming video, pengguna hanya membayar biaya bulanan dan tidak perlu membayar biaya tambahan untuk menonton konten tertentu. Selain itu, banyak aplikasi streaming video yang menawarkan versi gratis yang memungkinkan pengguna menonton iklan sebagai pengganti biaya.
  4. Kualitas video yang baik – Banyak layanan streaming video menawarkan kualitas video yang sangat tinggi, mencapai hingga resolusi 4K, serta memiliki opsi untuk memilih kualitas video sesuai dengan kebutuhan dan kualitas koneksi internet.
  5. Kemudahan dan kenyamanan – Aplikasi streaming video memudahkan para penggunanya untuk menonton konten kapan dan di mana saja, tanpa harus terbatas pada jadwal TV atau lokasi tertentu.

Namun biasanya kita sering mendengar youtube saja, tapi sebenarnya banyak aplikasi alternatif selain youtube, apa sajakah itu?

5 Aplikasi Streaming Online Selain Youtube

1. DailyMotion

Dailymotion adalah platform video streaming global yang memiliki visi untuk menjadikan internet sebagai suatu tempat yang lebih baik untuk menemukan dan menikmati video yang bermanfaat. Dailymotion didirikan pada tahun 2005 oleh dua orang asal Prancis, Benjamin Bejbaum dan Olivier Poitrey. Saat ini, Dailymotion memiliki lebih dari 330 juta pengguna aktif bulanan dari seluruh penjuru dunia dengan lebih dari 3,5 miliar video yang diunggah ke situs ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, Dailymotion telah menjadi alternatif yang populer bagi platform video streaming seperti YouTube. Alasan utama mengapa Dailymotion menarik bagi pengunjung adalah karena situs ini menawarkan lebih banyak video eksklusif yang tidak dapat ditemukan di YouTube.

Dailymotion juga menawarkan pengalaman menonton video yang lebih personal. Situs ini menyesuaikan tampilan dan isi situs sesuai dengan lokasi dan preferensi bahasa pengunjung. Selain itu, Dailymotion memiliki fitur-fitur dan algoritma yang memungkinkan pengunjung untuk menemukan video yang relevan dengan minat mereka.

Dailymotion juga menawarkan kemampuan untuk menghasilkan uang bagi pengguna yang mengunduh video mereka ke situs ini. Situs ini memberikan keuntungan bagi para kreator konten untuk menghasilkan uang dari video mereka. Dailymotion memberikan 70 persen dari pendapatan iklan kepada para kreator video. Ini sebagian besar merupakan persentase yang lebih tinggi daripada yang ditawarkan oleh YouTube.

Namun, Dailymotion juga memiliki kekurangan dan masalah keamanan pada platformnya. Beberapa pengguna telah melaporkan masalah-masalah ini, termasuk iklan-iklan yang tidak pantas yang muncul pada video, dan celah keamanan yang memungkinkan penjahat dunia maya untuk membobol akun pengguna dan melakukan tindakan yang membahayakan.

2. Vidio

Vidio adalah platform video streaming asli Indonesia yang didirikan pada tahun 2014 oleh perusahaan Telkom Indonesia. Platform ini menawarkan berbagai macam konten mulai dari film, drama, acara televisi, hingga sports, dan live streaming event. Vidio hadir dengan tujuan untuk menjadi alternatif platform video streaming terbaik di Indonesia. Saat ini, Vidio memiliki lebih dari 43 juta pengguna aktif bulanan dan sejumlah konten eksklusif yang tidak dapat ditemukan di platform streaming lainnya.

Vidio menawarkan kemudahan akses untuk menonton konten beragam kapan saja dan di mana saja. Pengguna dapat mengakses Vidio dari perangkat apa pun seperti smartphone, tablet, dan komputer. Selain itu, pengguna dapat mengakses konten Vidio dengan menggunakan jaringan internet apa pun, sehingga lebih mudah untuk menonton video berkualitas tinggi tanpa khawatir buffering.

Vidio menyediakan konten dalam bahasa Indonesia dan Inggris, yang mencakup film-film blockbuster Indonesia, acara TV berita, olahraga, drama, dan masih banyak lagi. Selain itu, Vidio juga menyediakan berbagai macam content creator lokal yang mandiri, termasuk beberapa selebriti lokal. Situs ini juga menawarkan fitur premium yang memungkinkan penggunanya untuk menonton konten eksklusif.

Vidio terkenal dengan layanan live streaming di platformnya. Untuk pengguna yang ingin menyaksikan pertandingan sepak bola atau acara musik, Vidio menawarkan layanan live streaming yang mudah diakses dan berkualitas tinggi. Layanan ini telah menjadi salah satu alasan mengapa platform ini dapat bersaing dengan platform video streaming internasional.

Namun, kekurangan dari Vidio adalah adanya iklan di platformnya. Beberapa pengguna merasa terganggu dengan iklan-iklan yang muncul saat menonton video. Meskipun demikian, Vidio tetap menjadi platform streaming yang populer di kalangan pengguna Indonesia dengan konten-konten menarik dan beragam yang tersedia di dalamnya

3. Vimeo

Vimeo adalah platform video streaming premium yang didirikan pada tahun 2004 oleh Jake Lodwick dan Zach Klein. Platform ini berbeda dengan platform video streaming populer lainnya seperti YouTube dan Dailymotion karena fokus pada konten kreatif dan profesional. Vimeo memiliki lebih dari 175 juta pengguna aktif bulanan dari seluruh dunia dengan lebih dari 90 juta video yang diunggah ke situs ini.

Vimeo menargetkan para kreator konten profesional dan berfokus pada penggelaran film, video musik, video animasi, dan proyek-proyek artistik lainnya. Vimeo mengantisipasi kebutuhan para kreator konten dan berusaha memastikan bahwa video mereka ditampilkan dengan kualitas terbaik dan dalam format terbaik. Vimeo bahkan menawarkan layanan penyimpanan video online dan fitur-fitur kolaborasi untuk mempermudah kreator konten dalam mengeksekusi proyek-proyek mereka.

Salah satu fitur yang paling menonjol dari Vimeo adalah kemampuannya untuk menampilkan video dalam kualitas 4K dan HDR. Ini berarti video yang diunggah ke Vimeo dapat ditonton dalam kualitas terbaik bahkan pada layar yang cukup besar. Vimeo juga menawarkan fitur pengaturan privasi yang lebih banyak daripada fitur privasi yang ditemukan di platform video streaming lainnya. Ini memberikan kontrol lebih pada para kreator konten tentang siapa saja yang dapat mengakses video mereka dan memastikan bahwa video tersebut tidak tersebar terlalu luas.

Namun, seperti halnya dengan platform premium lainnya, layanan Vimeo memerlukan biaya bulanan. Ini membuat platform ini kurang sesuai untuk pengguna yang menginginkan platform streaming video yang gratis. Meskipun demikian, Vimeo tetap menjadi pilihan favorit bagi para kreator konten dan brand-brand profesional yang menginginkan pengalaman berbeda dalam distribusi video mereka secara online.

4. Netflix

Netflix adalah platform streaming konten populer yang didirikan pada tahun 1997 oleh Reed Hastings dan Marc Randolph. Pada awalnya, Netflix hanya menyewakan DVD oleh pos, tetapi kemudian berkembang menjadi layanan streaming online dengan konten yang dapat ditonton secara instan. Saat ini, Netflix telah menjadi platform streaming paling populer di seluruh dunia dengan lebih dari 209 juta pengguna di lebih dari 190 negara.

Salah satu alasan keberhasilan Netflix adalah model bisnisnya, yang berbeda dari platform streaming lainnya. Netflix menawarkan layanan berlangganan yang memungkinan pengguna untuk menonton konten tanpa iklan dan tanpa harus membayar biaya tambahan jika ingin menonton lebih banyak konten. Selain itu, Netflix menyediakan konten original eksklusif, seperti serial TV, film, dan dokumenter, yang tidak dapat ditemukan di platform streaming lainnya.

Selain konten original, Netflix juga menawarkan berbagai macam konten dari seluruh dunia, seperti film dan acara televisi dari Amerika Serikat, Inggris, Korea Selatan, dan Jepang. Ada juga berbagai macam genre yang tersedia, mulai dari drama, komedi, horor, hingga dokumenter. Netflix terus memperbarui konten dalam platformnya, sehingga pengguna dapat menikmati konten terbaru sepanjang waktu.

Selain fitur pencarian, Netflix juga menawarkan rekomendasi konten berdasarkan selera pengguna. Fitur ini akan menyarankan konten yang cocok dengan minat dan preferensi pengguna berdasarkan tontonan sebelumnya. Netflix juga memungkinkan pengguna untuk membuat profil pengguna yang berbeda, sehingga setiap anggota keluarga dapat menambahkan konten yang mereka suka ke daftar tonton mereka sendiri.

Namun, kekurangan dari Netflix adalah terkadang sulitnya menemukan konten yang sesuai. Terlalu banyak pilihan kadang membuat pengguna kesulitan memilih konten yang ingin ditonton. Selain itu, meskipun Netflix memiliki sejumlah content creator lokal, tetapi jumlahnya hanya sedikit dibandingkan dengan

5. VIU

VIU adalah aplikasi streaming video yang populer di Asia, khususnya di Korea Selatan, Indonesia, dan Thailand. Aplikasi ini menawarkan konten yang didedikasikan untuk penonton Asia, seperti drama Korea, serial TV dan film dari India, Taiwan, dan Tiongkok. VIU juga menawarkan konten asli yang diproduksi oleh Viu Originals, seperti film dan serial TV Indonesia.

VIU menawarkan berbagai macam pilihan konten yang dapat disesuaikan dengan selera penonton. Aplikasi ini memiliki fitur pencarian yang mudah digunakan sehingga memudahkan penonton untuk menemukan konten yang menarik minat mereka. VIU juga menawarkan fitur subtitle bahasa Inggris dan bahasa Indonesia untuk membantu penonton yang belum memahami bahasa asli dalam suatu konten.

Sebagai platform streaming, VIU juga menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan video ke dalam daftar tonton pribadi mereka. Layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh video ke perangkat mereka untuk ditonton secara offline.

Namun, seperti halnya platform streaming lainnya, VIU memerlukan biaya untuk berlangganan premium. Dengan berlangganan premium, pengguna akan mendapat keuntungan seperti akses tanpa batas ke semua konten yang tersedia di VIU dan dapat menikmati fitur-fitur premium yang disediakan. Meskipun begitu, pengguna tetap dapat menonton sebagian besar konten di VIU secara gratis.

VIU juga menawarkan berbagai jenis promo untuk menarik pengguna baru, dengan menawarkan promo gratis selama beberapa bulan pertama dan promo diskon tertentu. Dalam hal ini, VIU menjadi salah satu platform streaming yang banyak diminati oleh masyarakat Asia, terutama pemirsa yang mencari konten Asia yang bervariasi, menarik, dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *