5 Manfaat dan Kandungan Jahe Bagi Kesehatan Manusia

Jahe
Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan di Indonesia baik itu dalam urusan dapur, minuman, maupun obat-obatan. Dok. Uma.ac.id


WacanaRakyat.com – Jahe telah digunakan sebagai bahan rempah-rempah dan obat tradisional selama berabad-abad. Selain memberikan rasa pedas dan aroma yang khas pada masakan, jahe juga memiliki berbagai manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia
Manfaat yang umum adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Jahe mengandung senyawa antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi jahe secara rutin, maka daya tahan tubuh akan meningkat dan membantu melindungi tubuh dari penyakit.
Namun untuk lebih lengkap mengenai manfaat jahe yuk simak berikut adalah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan manusia.

1. Meringankan sakit kepala

Jahe telah digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit kepala selama berabad-abad. Jahe mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada pembuluh darah di otak yang dapat menyebabkan sakit kepala.

2. Mengurangi mual

Jahe telah lama digunakan sebagai obat alami untuk meredakan mual dan muntah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat membantu mengurangi mual yang disebabkan oleh perjalanan, kehamilan, dan kemoterapi. Jahe juga dapat membantu meredakan muntah yang terkait dengan kondisi medis tertentu.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini dapat membantu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Zat-zat aktif dalam jahe, seperti gingerol, memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik. Jahe dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan pada tubuh, baik itu nyeri otot, sendi, atau nyeri menstruasi.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa jahe memiliki efek yang mirip dengan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

5. Mengurangi peradangan

Jahe mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti arthritis, osteoporosis, dan penyakit jantung.

6. Meningkatkan pencernaan

Jahe dapat membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Ini karena jahe mengandung senyawa yang dapat membantu meredakan iritasi pada saluran pencernaan.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Jahe dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Ini karena jahe mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak.

Nah itulah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan manusia, tetap jaga kesehatan dan se cukupnya konsumsi jahe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *